Minggu, 14 Maret 2010

Apa itu Kerja


Kerja adalah aktifitas diri untuk mencapai sesuatu baik secara pisik maupun psykis untuk mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang kita kerjakan. Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam bekerja yaitu :
  1. Niat ; dengan niat yang iklas( kerja itu ibadah ) hasil yang kita dapatkan Insyaallah akan mendapat barokah.
  2. Senang ; kita bekerja harus dengan hati senang, senang dengan pekerjaan itu dan senang malakukanya, dengan begitu pekerjaan bukanlah sebuah beban. Dengan hati yang senang dalam bekerja tentu saja akan dibarengi dengan semangat kerja yang tinggi.
  3. Mampu/menguasai pekerjaan ; pekerjaan yang tidak mampu kita kerjakan janganlah dipaksakan sebab hasilnya tentu kurang baik bahkan tidak baik.Namun bila terlanjur senang maka berusahalah meningkatkan kemampuan anda agar kompetensi anda diakui berbagai pihak terutama yang membutuhkan anda.
  4. Siap menerima hal yang baru ; ilmu tentunya memerlukan metode - metode atau tehnologi yang selalu berkembang maka siaplah menerima hal yang baru dan laksanakan, setelah mendapatkan hasilnya barulah mengambil keputusan merima atau tidak pembaharuan itu. Kadang banyak orang sulit menerima pembaharuan karena sudah terbiasa dengan cara lama dimana cara itu sudah mendarah daging sedang yang baru itu memerlukan energi yang lebih banyak. Sudahkah anda mencoba hal baru itu semaksimal mungkin dan apa hasilnya ?
  5. Evaluasi dan Refleksi ; setiap kali menyelesaikan satu pekerjaan evaluasilah cara kerja dan hasil kerja anda, adakah yang kurang, dimana kekuranganya sebagai bahan perbaiakan berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar